Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot adalah salah satu Tempat Wisata di Bali yang populer di kalangan wisatawan lokal dan mancanegara.

Tanah Lot merupakan salah satu Pura Utama yang disucikan oleh Umat Hindu di Bali yang juga sekaligus merupakan ikon Pariwisata Bali.

Tanah Lot sangat populer tidak hanya di mata wisatawan lokal tapi juga mancanegara, bahkan rasa-rasanya mungkin hampir semua wisatawan yang datang ke Bali pasti akan menyempatkan untuk berwisata ke Tanah Lot.

Hal ini tentunya bukan tanpa alasan, selain pemandangannya yang indah, Pura Tanah Lot juga dapat dikatakan cukup strategis lokasinya, dimana hanya berjarak 1 jam perjalan dari Kuta atau Pusat Kota Denpasar.


Sejarah Pura

Sebelum kita berlanjut pada pembahasan Daya Tarik Wisata di Tanah Lot, sebagian dari anda mungkin tertarik dengan Sejarah Tanah Lot.

Pura Tanah Lot didirikan sekitar abad ke 16 pada masa pemerintahan Dalem Waturenggong di Bali oleh seorang Pendeta Kerajaan yang bernama Danghyang Nirartha berdasarkan cerita yang dipercaya turun temurun oleh masyarakat.

Pada awalnya Danghyang Nirartha melihat sinar suci di arah laut selatan yang kemudian diikuti hingga beliau tiba di sisi laut/pantai yang berada di wilayah Desa Beraban, karena dirasa tempat tersebut sangat baik untuk melakukan pemujaan kehadapan Tuhan mulailah Danghyang Nirartha bermeditasi ditempat tersebut sembari mengajarkan Ilmu Agama kepada masyarakat sekitar.

Singkat cerita terjadi perselisihan antara Danghyang Nirartha dengan Bendesa (Kepala Desa) Beraban pada masa itu (konon sebabnya karena kecemburuan Bendesa Beraban dengan popularitas Danghyang Nirartha di mata masyarakat)

Bendesa Beraban bersikeras agar Danghyang Nirartha pergi meninggalkan kawasan Desa Beraban, karena tidak ingin terjadi perselisihan yang berlarut larut, Danghyang Nirartha lalu menunjukkan berkah yang diberikan Tuhan dihadapan Bendesa dan Masyarakat Beraban dan memindahkan batu tempat beliau bermeditasi ke tengah lautan sebagai simbol beliau keluar dari wilayah Desa Beraban.

Melihat kejadian yang ajaib tersebut akhirnya tersadarlah Bendesa Beraban atas kekeliruannya terhadap Danghyang Nirartha dan meminta maaf sekaligus memohon Danghyang Nirartha agar mau menjadi Guru nya. Batu tempat Danghyang Nirartha bermeditasi itulah yang kini menjadi Pura Tanah Lot


Daya Tarik Pura Tanah Lot

Jika kita berbicara tentang Daya Tarik Wisata di Tanah Lot tentu Alam dan Budaya merupakan dua Daya Tarik Utama yang ditawarkan oleh Pura Tanah Lot bagi wisatawan.

Berbicara dari sisi Budaya, bangunan Pura sendiri sungguh sangatlah megah dan unik, dimana Pura utama berdiri diatas batu karang yang terletak di tengah laut sehingga apabila air laut sedang pasang akan menimbulkan kesan bahwa Pura berada di Pulau tersendiri atau mengambang di lautan.

Selain itu keunikan lain di Tanah Lot adalah adanya sumber mata air suci yang juga tawar tepat dibagian bawah pura yang ada di lautan tersebut, dimana wisatawan dapat mencobanya langsung saat berkunjung ke Pura Tanah Lot.

Sedangkan jika kita berbicara tentang Daya Tarik Alam yang ditawarkan oleh Tanah Lot tentu saja pemandangan Alam Tanah Lot yang begitu indah, terutama di waktu sore hari saat matahari akan terbenam.

Selain itu Tanah Lot juga memiliki keunikan lain yang menjadi Daya Tarik yaitu keberadaan ular-ular laut yang dianggap sebagai penjaga kawasan Pura.


Tiket Masuk dan Parkir

Sama seperti Daya Tarik Wisata lainnya di Bali, Tanah Lot juga memiliki tiket yang dibedakan harganya untuk Warga Negara Indonesia dan Warga Negara Asing serta untuk Dewasa dan anak-anak. Adapun Harga Tike Masuk Tanah Lot tahun 2020 lengkap dapat anda lihat dibawah ini.

Domestik AnakRp 15.000
Domestik DewasaRp 20.000
WNA AnakRp 30.000
WNA DewasaRp 60.000

Sedangkan untuk Biaya Parkir Tanah Lot dapat anda lihat dibawah ini.

Roda 2Rp 3.000
Roda 4Rp 5.000
Roda 6Rp 10.000

Jarak Destinasi Lain ke Tanah Lot

Sebagai tambahan referensi untuk anda, kami akan menginformasikan secara singkat namun lengkap jarak beberapa destinasi Wisata yang ada di Bali ke Pura Tanah Lot.


Jarak Dari Kuta ke Tanah Lot

Apabila anda saat ini berencana untuk berwisata ke Bali dan memilih untuk menginap di kawasan Kuta dan merencanakan untuk berwisata ke Tanah Lot Jarak dari Kuta ke Tanah Lot adalah sekitar 22KM yang dapat ditempuh dalam waktu 1 jam berkendara pada saat situasi lalu lintas normal lancar.


Jarak Dari Ubud ke Tanah Lot

Apabila anda saat ini berencana untuk berwisata ke Bali dan memilih untuk menginap di kawasan Ubud dan merencanakan untuk berwisata ke Tanah Lot Jarak dari Ubud ke Tanah Lot adalah sekitar 34KM yang dapat ditempuh dalam waktu 1,5 jam berkendara pada saat situasi lalu lintas normal lancar.


Jarak Nusa Dua ke Tanah Lot

Apabila anda saat ini berencana untuk berwisata ke Bali dan memilih untuk menginap di kawasan Nusa Dua dan merencanakan untuk berwisata ke Tanah Lot Jarak dari Nusa Dua ke Tanah Lot adalah sekitar 34KM yang dapat ditempuh dalam waktu 1,5 jam berkendara pada saat situasi lalu lintas normal lancar.


Jarak Dari Sanur ke Tanah Lot

Apabila anda saat ini berencana untuk berwisata ke Bali dan memilih untuk menginap di kawasan Sanur Denpasar dan merencanakan untuk berwisata ke Tanah Lot Jarak dari Sanur Kota Denpasar ke Tanah Lot adalah sekitar 30KM yang dapat ditempuh dalam waktu 1,5 jam berkendara pada saat situasi lalu lintas normal lancar.


Objek Wisata Searah

Jika anda berencana untuk berwisata ke Tanah Lot, anda tentu bisa mengkombinasikannya dengan beberapa Daya Tarik Wisata lain yang searah, adapun beberapa DTW yang searah dengan Tanah Lot antara lain:

Pura Taman Ayun: Pura Taman Ayun merupakan Pura miliki keluarga Kerajaan Mengwi di Kabupaten Badung, Pura ini menawarkan keindahan arsitektur bangunan Pura dan juga pemandangan taman yang indah.

Pura Ulun Danu Beratan: Pura Ulun Danu Beratan terletak di Kawasan Pariwisata Bedugul Bali, Pura unik yang terletak di sisi Danau Beratan ini, tentu merupakan tempat yang wajib anda kunjungi jika ke Bali.

Alas Kedaton Monkey Forest: Nikmati serunya bercengkerama dengan monyet liar di habitatnya di Hutan Kera Alas Kedaton.


Tour ke Tanah Lot

Jika anda berencana untuk berwisata ke Pura Tanah Lot, selain bisa menggunakan moda transportasi seperti Sewa Motor di Bali atau Sewa Mobil di Bali, pilihan terbaik lainnya tentu adalah dengan menggunakan jasa Paket Tour Bali Harian ke Tanah Lot

Tourbali.id memiliki dua pilihan itinerary wisata ke Tanah Lot yang dapat anda pilih yaitu:

Paket Tour Tanah Lot Uluwatu, dengan itinerary sebagai berikut:

  • Penjemputan di Hotel
  • Tour ke Tanah Lot
  • Makan Siang
  • Wisata ke Pandawa
  • Tour ke Uluwatu
  • Makan Malam di Jimbaran

Dan Paket Tour Bedugul Tanah Lot dengan itinerary seperti dibawah ini:

  • Penjemputan di Hotel
  • Tour ke Tanah Lot
  • Makan Siang
  • Wisata ke Pandawa
  • Tour ke Uluwatu
  • Makan Malam di Jimbaran