Kintamani Bali

Kintamani Bali merupakan sebuah kawasan wisata alam yang terletak di sebelah timur laut Pulau Bali.

Melihat dari sejarah, Kintamani merupakan salah satu kawasan Pariwisata awal di Bali bersama dengan kawasan Ubud dan juga Sanur.

Kawasan Kintamani terkenal dengan beberapa objek wisata ataupun aktivitas wisata seperti melihat pemandangan Danau dan Gunung Batur, Mendaki Gunung Batur, Pemandian Air Panas, Wisata Makan Siang di Kintamani.



Sekilas Kintamani Bali

Secara geografis  Kawasan Kintamani berbatasan dengan kabupaten Buleleng disebelah utara, Kabupaten Karangasem disebelah timur, Bangli dan Gianyar disebelah selatan dan Buleleng, Badung disebelah barat.

Secara Administratif Kecamatan Kintamani terbagi menjadi beberapa desa, yaitu Desa Abang Songan, Desa Abuan, Desa Awan, Desa Bantang, Desa Banua, Desa Batu Dinding, Desa Batukaang.

Desa Batur Selatan, Desa Batur Tengah, Desa Batur Utara, Desa Bayung Cerik, Desa Bayung Gede, Desa Belancan, Desa Belandingan, Desa Belanga, Desa Belantih.

Desa Binyan, Desa Bonyoh, Desa Buahan, Desa Bunutin, Desa Catur, Desa Daup, Desa Dausa, Desa Gunungbau, Desa Katung, Desa Kedisan, Desa Kintamani, Desa Kutuh, Desa Langgahan.

Desa Lambean, Desa Mangguh, Desa Manikliyu, Desa Mengani, Desa Pengejeran, Desa Pinggan, Desa Satra, Desa Sekaan, Desa Sekardadi, Desa Selulung, Desa Serai, Desa Siakin.

Desa Songan A, Desa Songan B, Desa Subaya, Desa Sukawana, Desa Suter, Desa Terunyan, Desa Ulian.

Mata pencaharian bagi sebagian besar masyarakat Kintamani adalah dari sector pertanian dan perikanan danau, beberapa komoditas yang terkenal dari Kintamani adalah Ikan Mujair dan Buah Jeruk, sebagian lainnya hidup dari sector Pariwisata dan usaha mikro kecil lainnya.


Sejarah Kintamani Bali

Berbicara tentang sejarah Kintamani, seperti yang kami kutip dari Sejarah Kintamani di Wikipedia, terdapat beberapa Lontar yang memuat/menyebutkan tentang keberadaan Danau Batur, diantaranya Lontar Kesmu Dewa, Lontar Usana Bali dan Lontar Raja Purana Batur.

Disebutkan bahwa Pura Batur setidaknya sudah ada sejak jaman Empu Kuturan di Abad ke 10, selain sebagai Kahyangan Jagat Pura Batur juga merupakan pusat pemujaan bagi Hyang Dewi Danu (Dewi Danau) dan dipuja luas oleh semua masyarakat Bali terutama bagi masyarakat yang bekerja dalam sektor pertanian.


Pariwisata Kintamani Bali

Seperti yang telah kami sampaikan diatas, Kintamani merupakan salah satu kawasan Wisata di Bali yang berkembang paling awal bersama Kawasan Sanur dan Ubud.

Kintamani tidak hanya terkenal dimata wisatawan lokal tapi juga mancanegara, jika kita berbicara tentang Pariwisata di Kintamani tentu terdapat cukup banyak Daya Tarik Wisata yang membuat wisatawan betah berlama lama berada di kawasan Kintamani, adapun Daya Tarik Wisata yang ada di Kintamani antara lain.


Panelokan Kintamani

Panelokan, dari namanya kita mungkin sudah terbayang bahwa area panelokan Kintamani adalah tempat dimana wisatawan dapat melihat-lihat pemandangan indah Danau dan Gunung Batur secara luas dan bebas, waktu terbaik untuk melihat Kintamani dalam suasana cerah adalah pada siang hari.

Panelokan Kintamani
Panelokan Kintamani

Pura Ulun Danu Batur

Jika anda termasuk wisatawan yang menyukai aktivitas Wisata Budaya di Bali atau Wisata Pura di Bali berkunjung ke Pura Batur tentu harus menjadi salah satu list Tempat Wisata di Bali yang wajib anda kunjungi.

Pemandian Air Panas

Kintamani juga memiliki tempat pemandian air panas alami dimana anda dapat menikmati nikmatnya berendam air panas di kawasan pegunungan yang sejuk, sembari menikmati indahnya pemandangan alam Danau dan Gunung Batur.

Makan Siang View Danau dan Gunung Batur

Jika anda tiba di Kintamani pada siang hari, menikmati menu makan siang prasmanan yang ditawarkan oleh puluhan Restoran yang berjejer disisi jalan yang menghadap ke pemandangan danau dan gunung tentu bias menjadi alternative anda menikmati waktu santai anda di Kintamani.

Makan Siang di Kintamani
Makan Siang di Kintamani

Mendaki Gunung Batur

Apakah anda menyukai aktivitas wisata petualangan atau mungkin ingin berburu matahari terbit di Bali? mendaki Gunung Batur tentu dapat menjadi salah satu aktivitas wisata yang akan anda sukai!

Selain beragam aktivitas yang kami sebutkan diatas, dari sisi Pariwisata kawasan Kintamani tentu dapat dikatakan sebagai kawasan yang lengkap, dimana Akomodasi seperti Hotel ataupun Villa juga menjadi hal yang akan dengan sangat mudah anda temukan apabila anda mungkin ingin menginap di kawasan Kintamani Bali.


Tiket Masuk Kintamani

Apabila anda ingin berwisata ke Kintamani, untuk masuk ke kawasan Kintamani, anda akan dikenakan biaya Tiket Masuk/Retribusi sebesar Rp 25.000/Orang


Wisata Searah

Berwisata ke Kintamani juga bias anda kombinasikan dengan beberapa Objek Wisata di Bali Yang Searah Dengan Kintamani, adapun beberapa destinasi lainnya yang berada dalam jalur wisata Kintamani antara lain:

Kawasan Ubud

Ubud dikenal sebagai salah satu Pusat Pariwisata Bali, menikmati sore di Ubud setelah berwisata dari Kintamani, bias menjadi pilihan tepat anda dalam merencanakan perjalanan wisata anda di Bali.

Pantai Sanur

Pagi hari sebelum anda menuju ke Kintamani, anda mungkin bias mampir sebentar di Pantai Sanur, untk sekedar melihat aktivitas di Pantai Pada Pagi hari, atau mengambil gambar saat cuaca belum terlalu terik.

Pasar Sukawati

Singgah di Pasar Sukawati untuk berburu oleh-oleh khas Bali juga bias menjadi alternative lain bagi anda yang akan berwisata ke Kintamani dan mencari Objek Wisata Yang Searah.

Pura Tirtha Empul

Jika anda menyukai Wisata ke Pura di Bali, Pura Tirtha Empul tentu saying untuk anda lewatkan dalam perjalanan anda ke Kintamani,

Agrowisata Kopi

Jalur Wisata Kintamani Tampaksiring juga terkenal sebagai tempat dimana anda dapat menemukan Agrowisata Kopi terbaik di Bali, anda dapat menikmati kopi tester secara gratis di hamper semua Agrowista Kopi yang dapat anda temui.


Jarak ke Kintamani

Apabila anda berwisata di Bali dan menjadikan Kintamani sebagai salah satu destinasi wisata anda, tentunya informasi Jarak Berbagai Tempat Wisata di Bali ke Kintamani dibawah ini akan membantu anda.

Jarak Dari Kuta ke Kintamani

Apabila dalam rencana liburan ke Bali anda kali ini anda berencana untuk menginap di dekat Pantai Kuta, dan ingin berwisata ke Kintamani, jarak yang harus anda tempuh adalah sejauh 75 KM yang dapat ditempuh dalam waktu 2 jam berkendara.

Jarak Dari Ubud ke Kintamani

Sedangkan apabila dalam rencana Wisata Bali anda kali ini anda akan menginap di Ubud,  jarak tempuh dari Ubud ke Kintamani adalah sejauh 40KM yang dapat ditempuh dalam wakt berkendara selama 1 jam.

Jarak Dari Sanur ke Kintamani

Jika anda menginap di kawasan Sanur, jarak tempuh dari Sanur menuju Kintamani adalah sejauh 65KM yang dapat ditempuh dalam waktu 1 Jam 45 Menit berkendara.

Jarak Dari Nusa Dua ke Kintamani

Sedangkan jika anda menginap di kawasan Nusa Dua atau Tanjung Benoa dan ingin berwisata ke Kintamani, jarak yang harus anda tempuh adalah sejauh 75 KM yang dapat ditempuh dalam waktu 2 jam berkendara.


Paket Tour Kintamani

Jika anda saat ini sedang berencana untuk berwisata ke Kintamani Bali, selain menggunakan jasa Sewa Mobil di Bali, anda juga bisa memilih menggunakan jasa Paket Tour ke Kintamani terbaik dari tourbali.id

Dengan pilihan itinerary terbaik sebagai berikut:

  • Penjemputan di Hotel/Bandara
  • Wisata ke Tirtha Empul
  • Tour Kintamani
  • Makan Siang
  • Agrowisata Ubud
  • Pasar Ubud
  • Makan Malam di Kuta

Harga Tour dimulai dari Rp 440.000/Orang, yang selengkapnya dapat anda lihat di halaman: Tour ke Kintamani