Tirta Gangga

Tirta Gangga

Tirta Gangga merupakan salah satu objek wisata unggulan di Bali Timur yang berada di wilayah Kabupaten Karangasem Bali, Daya Tarik Wisata Taman Air ini tidak hanya ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal tapi juga sangat terkenal di mata wisatawan internasional.

Liburan di Bali baik itu dalam rangka Liburan Keluarga atau bersama sahabat bahkan mungkin bersama pasangan dalam rangka Bulan Madu di Bali tentunya merupakan momen yang sangat menyenangkan.

Dari dulu hingga sekarang Bali rasa-rasanya tetap menjadi primadona wisatawan, didukung oleh Alam Bali yang indah serta Adat Istiadat dan Budaya masyarakat Bali yang unik menjadikan Bali tidak hanya menarik tapi juga memiliki begitu banyak destinasi wisata yang dapat anda jadikan pilihan tempat untuk berkunjung, mulai dari wisata alam, wisata budaya hingga wisata buatan semua dapat wisatawan temukan di Bali.

Jika anda penikmat pantai pilihan wisata ke Bali Selatan tentu merupakan pilihan terbaik, akan tetapi jika anda adalah pemburu foto yang indah dan cantik tentu sangat sayang jika anda sampai tidak berkunjung ke destinasi yang satu ini, yaitu Taman Tirta Gangga.

sumber gambar:

Lokasi Objek Wisata

Objek Wisata Tirta Gangga terletak di Desa Ababi, Kecamatan Abang Kabupaten Karangasem Bali. Jika pada liburan ke Bali anda kali ini anda memilih untuk menginap di kawasan Kuta, waktu tempuh dari Kuta menuju Taman Tirta Gangga menggunakan Sewa Mobil di Kuta adalah sekitar 2,5 jam perjalanan.

Jarak Dari Ubud ke Tirta Gangga

Sedangkan jika pada liburan anda di Bali kali ini anda berencana untuk menginap di kawasan Ubud Bali dengan menggunakan Jasa Sewa Mobil di Ubud anda dapat mencapai Tirta Gangga dalam waktu 2 jam dengan jarak tempuh sekitar 67KM.

Jarak Dari Seminyak ke Tirta Gangga

Sedangkan jika anda menginap di seminyak, jarak tempuh dari seminyak ke Tirta Gangga adalah sekitar 85KM atau sekitar 2,5 jam perjalanan berkendara baik dengan Sewa Mobil ataupun Sewa Motor di Bali.

Tirta Gangga
Tirta Gangga oleh Sanju M Gurung via Wira Tour Bali

Tentang Tirta Gangga

Tirta Gangga dulunya merupakan tempat rekreasi bagi Raja Karangasem dan Keluarga dan bahkan hingga saat ini juga masih dimiliki oleh Kerajaan Karangasem. Ada tiga hal utama yang menjadi daya tarik di Objek Wisata ini, yang pertama adalah taman, kedua adalah kolam air dan ketiga adalah arsitektur termasuk patung-patung yang ada didalamnya.

Taman yang berada ditengah area persawahan dimana mata airnya berasal dari mata air Rejasa ini memiliki luas area seluas 1,2 hektar yang memanjang dari timur ke barat, area Taman terbagi menjadi tiga bagian yaitu bagian atas tengah dan paling luar, dibagian atas terdapat mata air dibawah bohon beringin, lalu dibagian tengah terdapat kolam renang dan dibagian terbawah adalah kolam ikan lengkap dengan air mancurnya yang akan menyambut wisatawan yang baru datang ketempat ini.

Sejarah Destinasi

Nama Tirta Gangga berasal dari kata Tirta yang berarti air suci dan Gangga yang merupakan nama sungai suci di India. Taman Air ini dibangun tahun 1946 oleh Raja Karangasem Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem Agung.

Pada tahun 1963 saat terjadi letusan dahsyat Gunung Agung bangunan Taman menglami kerusakan parah dan pada akhirnya direstorasi ulang oleh Pemerintah Kabupaten Karangasem dan selanjutnya diperuntukkan untuk pariwisata.

Tiket Masuk Tirta Gangga 2021

Untuk dapat memasuki objek wisata taman air Tirtagangga, anda akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 25.000/orang. Sedangkan jika anda ingin berenang, anda akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 10.000 / orang.

Untuk jam operasional atau Jam Buka Tirta Gangga, objek wisata dibuka setiap hari dari pukul 08 pagi hingga 6 sore dimana biasanya ramai dikunjungi pada siang hari.

Tempat Wisata Searah

Jika anda ingin berkunjung ke Daya Tarik Wisata ini, tentu sayang jika anda tidak berkunjung ke tempat wisata menarik lainnya yang berada dalam Rute Wisata Yang Searah, adapun beberapa Objek Wisata Searah yang sayang untuk dilewatkan antara lain:

Desa Tenganan Pegringsingan: salah satu desa tradisonal tua di Bali akan membawa anda melihat bangunan-bangunan Bali tempo dulu, lengkap dengan kehidupan sosial masyarakatnya yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani, destinasi ini juga terkenal dengan tradisi perang pandan yang biasanya dapat disaksikan tiap setahun sekali diantara bulan juni-juli.

Perang Pandan

Pura Lempuyang: salah satu Pura suci di Bali yang beberapa waktu belakangan ini terkenal akan Pintu Surga menjadi salah satu destinasi yang paling diburu untuk mengambil gambar yang indah.

Taman Ujung: selain destinasi ini, satu lagi taman peristirahatan milik Kerajaan Karangasem adalah Taman Ujung, bangunan yang indah yang merupakan percampuran arsitektur pra kemerdekaan tentunya menjadi spot foto yang indah dan cantik terutama di sore hari.

Paket Tour ke Tirta Gangga

Berencana untuk berwisata ke destinasi ini? pilihan terbaik tentu dengan menggunakan jasa Paket Wisata Bali dari tourbali.id dengan penawaran harga terbaik dan layanan profesional yang pastinya akan membuat anda nyaman dan memiliki kenangan terbaik selama wisata di Bali anda.

Adapun destinasi yang akan anda kunjungi dalam paket tour Bali Timur antara lain Desa Tenganan, Taman Tirta, Pura Lempuyang dan Taman Ujung. Semua Paket Tour Bali yang kami tawarkan adalah tour private dan all include dimana makan siang, makan malam dan juga layanan transportasi serta tiket masuk sudah termasuk dalam penawaran paket kami, untuk informasi pemesanan dan harga tour anda dapat menghubungi layanan customer service kami via WhatsApp di nomor +628980787180.



Example Site – Frequently Asked Questions(FAQ)