Air Terjun Tegenungan

Air Terjun Tegenungan merupakan salah satu objek wisata alam yang ada di kawasan Kabupaten Gianyar Bali yang belakangan ini semakin ramai dikunjungi oleh wisatawan. Berlibur ke Bali baik itu dalam rangka Liburan Keluarga, bersama sahabat atau dalam rangka Honeymoon ke Bali tentu merupakan momen yang menyenangkan.

Alam Bali yang indah yang berpadu dengan keunikan Adat Istiadat Masyarakat Bali, menjadikan Bali primadona wisata bagi wisatawan dalam maupun luar negeri, berkat keberagaman itupula Bali menjadi destinasi yang menawarkan wisatawan dengan berbagai macam pilihan Daya Tarik Wisata, mulai dari Wisata Alam, Wisata Budaya hingga jenis-jenis wisata buatan dapat wisatawan temukan di Bali.

Sebagai Pulau Pariwisata, Bali juga sangat memanjakan wisatawan, mulai dari Hotel, Villa hingga berbagai layanan wisata seperti Rental Mobil di Bali ataupun Paket Wisata Bali merupakan hal yang sangat mudah untuk wisatawan temukan.

sumber: pegipegi.com

Berbicara tentang berwisata di Bali anda tentunya harus menentukan kemana anda akan berwisata di Bali sebaik mungkin sesuai dengan durasi anda berlibur agar nantinya perjalanan anda nyaman dan menyengkan, dan apabila anda adalah pecinta wisata alam, berwisata ke salah satu Air Terjun di Bali ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat untuk anda.

Lokasi Air Terjun

Air terjun Tegenungan berlokasi di Desa Kemenuh Kecamatan Sukawati Kabupaten Gianyar Bali, dilihat dari lokasinya, Air Terjun ini adalah pilihan tempat wisata air terjun yang terdekat dari Kuta apabila anda mneginap di Kuta, yang mana jarak tempuhnya adalah sekitar 32KM atau selama 1,5 jam berkendara.

Dibawah ini adalah gambaran jarak ke Air Terjun Tegenungan dari beberapa central pariwisata di Bali.

Jarak Dari Ubud ke Air Terjun

Jika pada rencana liburan kali ini anda akan menginap di kawasan Ubud, Air Terjun Tegenungan juga sangatlah dekat dari Ubud yaitu sekitar 13KM atau sekitar 30 menit waktu berkendara.

Jarak Dari Sanur ke Air Terjun

Sedangkan jika mungkin anda menginap di kawasan Pantai Sanur, jarak dari Sanur menuju Tegenungan Waterfall adalah sekitar 23KM atau satu jam berkendara.

Daya Tarik Air Terjun Tegenungan

Yang menjadikan Tegenungan Waterfall sebagai objek wisata yang menarik untuk dikunjungi adalah sensasi berbeda yang akan anda rasakan, lokasi air terjun yang sedikit dibawah perbukitan, menapaki anak tangga untuk mendekati air terjun dengan dikelilingi suasana alam yang asri tentunya sangat cocok untuk anda yang menyukai wisata alam.

Selain itu jika anda pemburu foto yang cantik, tentu akan sangat mudah menemukan spot foto terbaik disini, seperti yang terlihat pada foto dibawah ini.

Air Terjun Tegenungan
sumber: instagram katena2412

Fasilitas dan Tiket Masuk

Dulunya daya tarik wisata ini sempat terbengkalai, pernah mengalami kejayaan di dekade 90an, bahkan pernah ada aktivitas Bungee Jumping yang terkenal pada masanya, kini Air Terjun Tegenungan kembali menggeliat menjelma kembali menjadi primadona.

Didukung berbagai fasilitas penunjang seperti areal parkir yang luas serta warung-warung sederhana milik warga lokal sebagai tempat untuk beristirahat sejenak sebelum anda melanjutkan perjalanan.

Untuk Harga Tiket Masuk ke Air Terjun Tegenungan, anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 15.000/Orang.

Wisata Searah Air Terjun Tegenungan

Jika anda berencana untuk berwisata ke Tegenungan Waterfall, tentu sayang jika anda tidak kombinasikan dengan berwisata ke destinasi menarik lainnya yang ada di wilayah Kabupaten Gianyar, antara lain seperti:

Menonton Tari Barong

Jika anda ingin menyaksikan Wisata Budaya sekaligus Alam anda bisa mengkombinasikan perjalanan ke Air Terjun Tegenungan dengan menonton Tari Barong, sebelum anda menuju Tegenungan anda bisa singgah dahulu di Desa Batubulan untuk menyaksikan Tari Barong Batubulan yang terkenal.

Batubulan juga dikenal dengan sentra industri batik, mulai dari yang berkualitas tinggi atau mungkin anda ingin mencari oleh-oleh batik khas Bali dengan berbagai variasi harga anda bisa mengunjungi beberapa toko yang ada disepanjang Desa Batubulan.

Pasar Sukawati

Siapa yang tidak pernah mendengar nama pasar yang satu ini, jika oleh-oleh harga pas ada krisna, pasarnya oleh-oleh dimana anda bisa tawar menawar tentu Pasar Sukawati, jika anda ingin berwisata ke Tegenungan, Sukawati bisa anda kunjungi sebelum ataupun sesudah anda datang dari Tegenungan, karena Pasar Sukawati buka dari pagi mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 6 sore.

Monkey Forest Ubud

Jika anda berwisata bersama anak-anak, pilihan wisata searah dengan tegenungan yang rasanya cocok untuk anda kunjungi tentu Monkey Forest Ubud, tempat dimana anda bisa bercengkerama dengan ratusan monyet liar nan ramah dan lucu.

Pura Tirta Empul

Jika anda juga menyukai wisata Pura di Bali, mengunjungi Pura Tirta Empul juga searah dengan Tegenungan, kurang lebih sekitar 1 jam berkendara ke arah utara, disini anda dapat melihat pemandian suci yang biasanya ramai dikunjungi masyarakat lokal di hari-hari suci seperti Bulan Purnama.

Paket Tour ke Tegenungan

Untuk mencapai Air Terjun Tegenungan tidak tersedia transportasi umum, sehingga pilihan anda untuk berwisata ke Tegenungan adalah menyewa motor, Sewa Mobil atau menggunakan jasa Paket Tour, dan jika anda tertarik, anda bisa memilih salah satu Paket Wisata Bali unggulan kami yaitu Paket Tour ke Kintamani.

Meskipun pada Itinerary Tour aslinya tidak terdapat kunjungan ke Tegenungan, tentu anda bisa memilih untuk memodifikasi jadwal perjalanannya.

Untuk Harga Tour Harian di Bali kami dimulai dari Rp 400.000an per orang, dimana harga tersebut sudah termasuk dengan tiket masuk tempat wisata, ac transport dan driver profesional, makan siang dan juga makan malam.

Semua paket tour yang kami tawarkan adalah tour private, dimana perjalanan anda tidak akan kami gabung dengan kelompok tour lainnya.

Untuk pemesanan atau konsultasi perjalanan, anda bisa menghubungi layanan customer service kami di nomor +628980787180 via WhatsApp.


Apakah tersedia transportasi umum menuju destinasi ini?

Tidak ada transportasi umum untuk menuju Air Terjun Tegenungan, sehingga pilihan anda adalah menggunakan jasa sewa Motor/mobil atau memesan paket wisata.

Berapa tiket masuk ke destinasi ini?

Tiket masuk ke Tegenungan Waterfall adalah Rp 15.000.

Apa destinasi menarik lainnya yang searah?

Destinasi lain yang bisa anda kunjungi dan kombinasikan dengan destinasi ini antara lain, Monkey Forest Ubud, Pasar Sukawati, Menonton Tari Barong, Pura Tirta Empul.