Alas Kedaton Monkey Forest

Alas Kedaton Monkey Forest

Alas Kedaton Monkey Forest. Artikel ini merupakan bagian dari Topik Tempat Wisata di Bali. Alas Kedaton merupakan salah satu Daya Tarik Wisata yang ada di dalam jalur Wisata Bali Utara, Alas Kedaton berlokasi di wilayah Desa Kukuh Kecamatan Marga Kabupaten Tabanan Bali, selain sebagai kawasan Hutan Lindung yang juga difungsikan sebagai Daya Tarik Wisata, kawasan Hutan Alas Kedaton juga merupakan kawasan yang disucikan oleh masyarakat sekitar dimana terdapat Pura Alas Kedaton di dalam area Hutan/Kawasan Wisata.

Sejarah Alas Kedaton

Berdasarkan sejarah Pura Alas Kedaton dibangun oleh Mpu Kuturan pada masa pemerintahan Sri Masula Masuli sekitar Tahun 1250 Masehi, melihar dari peninggalan arkeologi berupa patung Durga dan Ganesha di Pura Alas Kedaton, nampaknya pembangunan Pura Alas Kedaton sendiri erat kaitannya dengan aliras Siwaisme pada masa Bali Kuno.

Daya Tarik Alas Kedaton

Selain keunikan keberadaan ratusan monyet liar dengan tingkah polah yang lucu, Daya Tarik Wisata Alas Kedaton juga memiliki beberapa keunikan tersendiri yang menjadikannya berbeda dari destinasi lainnya di Bali, diantaranya.

  1. Bentuk Fisik Bangunan Pura: Berbeda dengan Pura-Pura di Bali lainnya, yang umumnya semakin kedalam akan semakin tinggi, Pura Alas Kedaton malah sebaliknya, dimana semakin kedalam area pura (mandala) akan memiliki struktur tanah yang semakin rendah, yang hingga saat ini juga belum diketahui secara pasti apa yang menjadi simbol dibalik hal tersebut.
  2. Pemandu Wisata Lokal: Berbeda jika anda berkunjung ke destinasi wisata di Bali lainnya, di Alas Kedaton anda akan mendapatkan jasa Pemandu Wisata Lokal secara cuma-cuma, uniknya lagi para pemandu lokal tersebut adalah ibu-ibu yang tergabung dalam kelompok pedagang di Alas Kedaton.
  3. Kera Liar Bersahabat: Kami tentu sangat menyarankan anda untuk menyempatkan berwisata ke Alas Kedaton, kera liar disini tidak agresif dan cenderung bersahabat, apalagi anda juga ditemani oleh pemandu lokal sehingga sangat cocok bagi anda yang berwisata bersama keluarga terlebih anak-anak.

Aktivitas Wisata di Alas Kedaton

Biasanya DTW Alas Kedaton ramai dikunjungi pada siang menjelang sore sebelum wisatawan menuju ke Pura Tanah Lot, hutan yang rindang menjadikan kunjungan di Alas Kedaton meskipun pada siang hari tidak akan berasa begitu melelahkan, sebelum memasuki kawasan DTW Alas Kedaton wisatawan harus terlebih dahulu membeli Tiket Masuk di Konter Tiket yang terletak persis di Gerbang Masuk kawasan wisata, harga untuk Tiket Masuk ke Alas Kedaton Rp 20.000/Orang Dewasa WNI.

gambar pintu masuk DTW Alas Kedaton: triptrus.com

Anda kemudian akan disambut dengan ramah oleh ibu-ibu pemandu wisata lokal di halaman depan kawasan wisata yang mana selanjutnya anda akan diajak berkeliling kawasan hutan, tidak hany bisa bercengkerama bersama para kera, anda juga bisa melakukan beberapa aktivitas lain seperti Foto bersama kelelawar yang ada di dalam area hutan.

Alas Kedaton Monkey Forest

sumber gambar: kompasiana

Selesai berkeliling di dalam area Alas Kedaton, biasanya wisatawan akan diajak untuk singgah di souvenir shop yang juga dikelola oleh para pemandu wisata lokal, tidak ada paksaan dalam urusan belanja disini, apabila wisatawan tertarik wisatawan dapat membeli, dan apabila tidak wisatawan dapat menolak.

Akses ke Objek Wisata Alas Kedaton

Akses menuju Pura Alas Kedaton, tidak begitu buruk meskipun tidak bisa dikatakan baik, bila wisatawan berwisata dengan menggunakan kendaraan kecil seperti Sewa Avanza di Bali atau Sewa APV di Bali tentu tidak akan kesulitan, akan tetapi jika wisatawan berencana untuk berwisata rombongan mungkin akan kesulitan karena akses jalan yang tidak begitu lebar untuk dilalui oleh Bus Pariwisata berukuran besar.

Tidak ada sarana transportasi umum untuk menuju ke Alas Kedaton, sehingga pilihan utama jika anda tidak membawa kendaraan sendiri tentu dengan menggunakan jasa Sewa Mobil di Bali atau Sewa Motor di Bali.

Tempat Wisata Searah Alas Kedaton

Seperti yang kami sampaikan sebelumnya, Alas Kedaton merupakan bagian dari wilayah Tour Bali Utara, sehingga anda dapat mengkombinasikannya dengan beberapa tempat wisata searah lainnya seperti:

  1. Pura Taman Ayun: Pura Taman Ayun adalah Pura milik keluarga kerajaan Mengwi. berjarak sekitar 1 s/d 1,5 jam perjalanan dari Kuta, Pura Taman Ayun biasanya menjadi daya tarik wisata pertama yang akan dikunjungi oleh wisatawan yang berwisata ke Bali Utara.
  2. Pura Ulun Danu Beratan: Pura Ulun Danu Beratan berada di kawasan wisata Bedugul, biasanya ramai dikunjungi oleh wisatawan pada siang hari, tidak hanya berwisata, wisatawan juga biasanya memilih kawasan Bedugul sebagai tempat untuk menikmati makan siang, sembari melihat indahnya pemandangan danau Beratan.
  3. Pura Tanah Lot: Pura Tanah Lot tentu tidak diragukan lagi sebagai salah satu destinasi populer di Bali, dan apabila anda memiliki rencana berwisata ke Alas Kedaton tentu sangat sayang jika anda tidak kombinasikan dengan kunjungan ke Pura Tanah Lot.

Wisata ke Alas Kedaton Monkey Forest

Apakah anda berencana untuk berwisata ke Alas Kedaton? sedang mencari penawaran Paket Tour ke Alas Kedaton atau Sewa Mobil Murah untuk berwisata ke Alas Kedaton? jika iya, Tour Bali ID tentu adalah jawaban yang tepat anda dapat melihat penawaran Tour ke Alas Kedaton kami pada halaman: Tour Bali Utara atau melihat pilihan terbaik Transportasi Wisata di Bali kami pada halaman: Sewa Mobil di Bali.

Anda juga dapat menghubungi layanan customer service kami via WhatsApp di nomor +628980787180.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *